ASEAN Skills Competition (ASC) merupakan kompetisi ketrampilan antar negara anggota ASEAN yang diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali pada tahun genap, hasil implementasi dari kesepakatan para menteri ketenagakerjaan (ASEAN ke-10 di Singapura tahun 1994). ASC bertujuan untuk mempromosikan pengembangan nilai-nilai kejuruan dan teknis kerja yang berkualitas dikalangan pemuda dan pekerja terampil guna mencapai standar internasional.

Pelaksanaan ASC XII awalnya akan diadakan pada tanggal 21 s.d 31 Juli 2020 tertunda karena tidak kepastian pandemic COVID-19, yang pada akhirnya akan diselenggarakan kembali pada 22 s.d 27 Juli 2023 di Singapura.

Indonesia berhasil meraih juara ke-II pada ASC XII Bangkok, Thailand tahun 2018, dan prestasi ini harus semakin ditingkatkan. Maka dari itu perlu dilaksanakan tahapan persiapan yang berkualitas dengan melalui proses Seleksi Daerah (SELEKDA), Seleksi Nasional (SELEKNAS) dan Pemusatan pelatihan. (inaskills.kemnaker.go.id)

Seleksi daerah (SELEKDA) bertujuan untuk menyeleksi calon-calon kompetitior terbaik, kompeten, dan memenuhi standar ASC untuk mewakili daerahnya ditingkat nasional. SELEKDA ini dilaksanakan disetiap daerah provinsi Indonesia, salah satunya di Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan pada 27-29 Juli 2022 yang lalu di SMK Negeri 6 Semarang untuk bidang Beauty Therapy dan di BBPVP Semarang untuk bidang Fashion Technology. Dari 10 peserta yang ikut berpartisipasi dalam SELEKDA Jawa Tengah bidang Beauty Therapy terdapat dua mahasiswa jurusan PKK yang mewakili Universitas Negeri Semarang yaitu Sapta Sari (Pend. Tata Kecantikan 2019) dan Natalia Arnandita (Pend. Tata Kecantikan 2021) dengan dosen pembimbing Ibu Maria Krisnawati, S. Pd., M. Sn. dan Ibu dr. Eny Widhia Agustin, M.K.M.

Bidang Kejuruan Beauty Therapy

Bidang Kejuruan Beauty Therapy

Terdapat 4 (empat) modul yang dilombakan yaitu, Advanced Facial with Skin Scrubber & eyebrow shaping, body treatment, SPA pedicure, dan evening makeup & nail art.

Pada penutupan seleksi daerah ASEAN Skills Competition XII Provinsi Jawa Tengah 2022 tanggal 29 Juli 2022, salah satu Mahasiswa perwakilan Universitas Negeri Semarang, Natalia Arnandita berhasil meraih Juara III bidang Beauty Therapy.