Wadah Aspirasi Bela Negara kolaborasi dengan Badan Semi Otonom Engineering Research Club (EneRC) Fakultas Teknik UNNES mengadakan kegiatan Tambak (Tanam Bakau) 2022 dengan tema “Muda Beraksi Ciptakan Konservasi Menanam Bakau Selamatkan Negeri” yang diselenggarakan di Pantai Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah

 

Wadah Aspirasi Bela Negara FT UNNES merupakan sebuah wadah aspirasi tentang pembentukan karakter pancasila, intelektual, serta cinta terhadap lingkungan sesuai dengan misi perguruan tinggi UNNES yaitu kampus konservasi. Dalam kegiatan Tambak (Tanam Bakau) 2022 Wa Bela Negara FT UNNES menggandeng EneRC FT UNNES serta membuka open volunteer terbuka untuk mahasiswa FT UNNES serta di hadiri beberapa tamu undangan dari luar UNNES yang bekerja sama dengan Kelompok Tani Mangrove Lestari yang diketuai oleh Bapak Sururi. Adapun Peserta yang ikut dalam kegiatan Tambak (Tanam Bakau) 2022 terdiri dari beberapa mahasiswa  jurusan Teknik Mesin (TM), Teknik Kimia, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Teknik Elektro (TE), serta Teknik Sipil (TS). Pada kegiatan ini Wa Bela Negara dan EneRC FT UNNES  menggait seluruh lembaga kemahasiswaan untuk ikut serta dalam kegiatan Tambak (Tanam Bakau) 2022.

 

Kegiatan ini disambut antusias oleh mahasiswa dan diikuti sebanyak 70 orang yang diantaranya tamu undangan dari internal maupun eksternal UNNES, volunteer FT, serta panitia.

Pembukaan secara simbolis kegiatan Tambak 2022

Pembukaan secara simbolis kegiatan Tambak 2022

Tambak (Tanam Bakau) 2022 dilakukan mulai pagi hingga siang dengan diisi beberapa acara diantaranya ada apel pagi, diawali dengan laporan ketua panitia Tambak (Tanam Bakau) 2022 yang diketuai oleh Dwi Fikri Ardiansyah. Kemudian acara sambutan dari ketua umum Wadah Aspirasi Bela Negara FT UNNES saudara Indra Maulana, pembina Wadah Aspirasi Bela Negara FT yaitu Bapak Febri Budi Darsono, S.Pd, S.T, M.Pd, dan diakhiri sambutan serta pembukaan secara simbolis kegiatan Tambak (Tanam Bakau) 2022 oleh Bapak Dr. Wirawan Sumbodo ,M.T. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik UNNES. Dilanjut briefing dari panitia lalu persiapan menanam bakau di lokasi. Sebelum kegiatan penanaman bakau dilokasi, diawali dengan doa serta sambutan dari pembina Badan Semi Otonom Engineering Research Club (EneRC) Ibu dr. Eny Widhia Agustin, M. K. M yang terjun langsung ke lokasi penanaman bakau. Kemudian dilanjut pengarahan dalam memberikan pembekalan menanam bakau dari aktivis bakau yakni Pak Sururi selaku ketua aktivis Kelompok Tani Mangrove Lestari menjelaskan bahwa “Penanaman Bakau sangatlah penting kita lakukan untuk kelestarian lingkungan khususnya di daerah pantai untuk mencegah abrasi laut”. Lanjut Pak Sururi mendemokan bagaimana tata cara penanaman bakau yang baik dan benar kepada peserta Tambak (Tanam Bakau) 2022 agar ketika penanaman berlangsung, bibit yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik. Adapun bibit bakau yang kita tanam sebanyak 1000 bibit bakau yang merupakan bantuan kerjasama dari Djarum Foundation untuk mendukung kegiatan Tambak (Tanam Bakau) 2022.

Proses Penanaman Bakau bekerja sama dengan Kelompok Tani Mangrove Lestari

Proses Penanaman Bakau bekerja sama dengan Kelompok Tani Mangrove Lestari