Sabtu (11/06/2022) diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pengembangan Vokasi melalui Sinergi Perguruan Tinggi dengan Industri” bersama Pakar Pendidikan Vokasi, Bapak Wikan Sakarinto,. S.T., M.Sc., Ph.D. Acara diselenggarakan langsung di Gedung Dekanat lantai 2 Fakultas Teknik Unnes dan secara dalam jaringan (daring) melalui Zoom Meeting.

 

Perwakilan SMK, Industri dan pendamping SMK dari Fakultas Teknik ikut berpartisipasi dalam acara tersebut untuk membahas peran dan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan sekolah vokasi atau SMK. Bapak Wikan Sakarinto,. S.T., M.Sc., Ph.D. memaparkan konsep integrasi pendidikan vokasi dan dunia kerja dengan konsep Link and Match 8+I yang berisi 8 poin penting yaitu penyusunan kurikulum, pembelajaran berbasis projek riil dari dunia kerja (PBL), jumlah dan peran guru/dosen/instruktur dari industri dan ahli dari dunia kerja, magang atau praktik kerja di dunia kerja, sertifikasi kompetensi, dosen/guru/instruktur mendapatkan pelatihan dari dunia kerja, riset terapan mendukung teaching factory/ teaching industry, dan komitmen serapan lulusan.

 

Bapak Wikan Sakarinto,. S.T., M.Sc., Ph.D. berharap lulusan dari pendidikan vokasi sudah siap bersaing dan berjalan di dunia industri baik secara pengetahuan maupun mental.

Rekaman zoom meeting dapat diunduh DISINI