Rektor Universitas Negeri Semarang menyerahkan SK Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 33974/MPK.A/KP.05.01/2022 yang ditanda tangani oleh Nadiem Anwar Makarim tentang kenaikan jabatan profesor/guru besar untuk Dr Nur Qudus, M.T., IPM Dekan Fakultas Teknik ini ditetapkan sebagai Guru Besar atau professor dalam bidang ilmu Teknik Keairan dan Lingkungan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UNNES.

Penyerahan SK oleh Rektor Universitas Negeri Semarang, Prof Dr Fathur Rokhman M. Hum. bertempat di Ruang Rapat Rektor Gedung H lantai 2 pada Hari Kamis, 9 Juni 2022.

Dr Nur Qudus, M.T., IPM yang memiliki masa kerja 28 tahun 2 bulan mengampu mata kuliah program studi S1 pada Jurusan Teknik Sipil, yaitu Hidrologi, Hidrolika Saluran Terbuka dan Tertutup, Teknik-Rekayasa Lingkungan,  Teknik Drainase, dan Pengembangan Sumber daya Air, serta Wawasan Konservasi (S2).

Sertifikat keahlian ahli yang mendukung tugas pokok dan fungsi sebagai dosen yang dimiliki oleh Dr Nur Qudus, M.T., IPM antara lain Sertifikat Kompetensi Klasifikasi (SKA)  Ahli Sumber Daya Air  (SDA)  Kualifikasi Madya;  Sertifikat Kompetensi Klasifikasi (SKA) Ahli K3 Konstruksi  Kualifikasi Madya; Sertifikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa Nasional Pemerintah dari LKBB; serta  Sertifikat Trainer (TOT) Ahli Pengadaan Barang/Jasa Nasional Pemerintah.

Beragam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah dikerjakan. Dibuktikan dengan 44 publikasi ilmiah yang diterbitkan baik pada jurnal nasional maupun internasional. Disertai dengan bentuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak baik pada bidang keilmuan dan kehidupan masyarakat.

Terhitung mulai tangal 1 mei 2022 Pengangkatan jabatan akademik mengangkat pangkat dan golongan Dr Nur Qudus, M.T., IPM dari Pembina Utama Muda IV/c menjadi Pembina Utama Madya IV/d.