MAHASISWA UNISEL, MALAYSIA AKAN BELAJAR DI UNNES

0
296

SEKARAN- Experience is the best teacher, demikian apa kata pepatah. Alhamdulillah, Fakultas Teknik telah selesai melaksanakan sebuah implementasi program kerjasama antara Fakultas Teknik Universiti Selangor (Unisel) dan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) yaitu staff and student exchange program, program pertukaran dosen dan mahasiswa. Program tersebut dilaksanakan selama 1 minggu 8-15 Nopember 2015.

“Berakhirnya program staff and student exchange program di Fakultas Teknik Unnes ini bukan berarti berakhirnya sebuah implementasi kerjasama antar kedua lembaga di kedua negara ini, tetapi justru kegiatan ini merupakan awal sebuah silaturakhim yang harus terus dibina oleh civitas akademika di kedua lembaga baik dari Fakultas Teknik Unnes maupun Fakultas Teknik Unisel. Fakultas Teknik sangat terbuka bagi mahasiswa Unisel yang ingin kuliah di Fakultas Teknik dengan mengambil dua atau tiga mata kuliah di FT Unnes selama satu semester sehingga diharapkan mahasiswa Unisel bisa mempunyai pengalaman akademik yang lebih beragam selama tinggal di Semarang. Hal serupa juga bisa dilakukan oleh mahasiswa FT Unnes, dapat melaksanakan perkuliahan di FT Unisel dengan mengambil dua atau tiga mata kuliah yang sesuai dengan jurusan dan peminatannya sehingga setelah melaksanakan perkuliahan satu semester di Unisel yudisium mahasiswa tersebut bisa di credit transfer-kan ke dalam total sks yang mahasiswa ambil di FT Unnes”, demikian penjelasan Dr. Nur Qudus, MT selaku Dekan Fakultas Teknik Unnes dalam acara penglepasan delegasi Unisel di  ruang rapat Dekanat FT pada Sabtu, 14 Nopember 2015.

“Kami sangat terkesan dengan sambutan dari para civitas akademika Universitas Negeri Semarang atas kedatangan kami, kami juga belajar banyak tentang bagaimana sistem pembelajaran berlangsung di Fakultas Teknik terutama yang berkaitan dengan monitoring perkuliahan dan jurnal perkuliahan mahasiswa yang dilaksanakan secara online. Hal tersebut merupakan sebuah terobosan baru sehingga baik dosen maupun mahasiswa bisa saling mengkontrol jumlah perkuliahan dan topik pembahasan mata kuliah tersebut selama 1 semester sesuai dengan program rencana pembelajaran semester yang telah di tetapkan, dimana di Unisel masih menggunakan sistem presensi manual. Sejumlah kegiatan yang kami ikuti selama 1 minggu ini membuat waktu 1 minggu itu terlalu pendek; kami harap kelak bisa berkunjung ke Unnes dengan waktu yang lebih lama dan mahasiswa kami juga bisa belajar di Unnes lengkap selama 1 semester” demikian kesan yang disampaikan oleh Puan Mazian bt. Mohammad selaku Ketua delegasi staff and exchange program dari Unisel, sekaligus ketua program Pasca Sarjana dan Doktoral di Unisel. Pengamalan merupakan guru yang terbaik, semoga dengan adanya pengalaman kegiatan ini membuat Fakultas Teknik menjadi semakin The Best di Universitas Negeri Semarang di masa mendatang dan bisa membawa manfaat bagi para Dosen dan Mahasiswa di lingkungan FT Unnes (ksln.ft).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here