Fakultas Teknik Gelar Webinar Pendidikan Vokasi Untuk SMK Berbasis Ponpes

0
57

Vokasi – Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Webnar bertajuk vokasional. Webinar dengan judul “Peta Jalan dan Kebijakan Pengembangan Pendidikan Vokasi pada SMK Berbasis Pondok Pesantren di Indonesia” tersebut digelar secara virtual. Dengan menghadirkan 3 narasumber yang berhubungan erat pada Pendidikan vokasi. 3 narasumber tersebut adalah Dr Ir Bakrun MM dari Direktur Sekolah Menegah Kejuruan Kemendikbud, Prof Dr Fathur Rokhman MHum yang merupakan Rektor UNNES, kemudian Pengasuh Pondok Pesantren Balekambang KH Ma’mun Abdulloh ZA.

Webinar yang dihadiri lebih dari 250 partisipan tersebut dimoderator oleh Dekan Fakultas Teknik UNNES Dr Nur Qudus MT IPM. Rektor Universitas Negeri Semarang Prof Dr Fathur Rokhman MHum bangga dengan Fakultas Teknik yang dapat menggelar Webinar yang membahas pendidikan vokasi di kalangan pondok pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal Sekolah Menengah Kejuruan.

Dr Ir Bakrun MM berpendapat bahwa Pondok Pesantren yang menyelenggarakan Pendidikan formal didalamnya, itu sangat bermanfaat untuk kedepannya terutama dalam pembinaan akhlaq dan pengetahuan tentang keagamaan diiringi dengan pengetahuan kemandirian terutama Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Seperti Pondok Pesantren Balekambang yang memiliki pendidikan formal dari usia paud hingga Pendidikan tinggi. KH Ma’mun Abdulloh mengatakan “Pondok Pesantren selama ini fokus pada ilmu agama, namun kini semakin banyak Ponpes yang didalamnya juga menyelenggarakan Pendidikan formal, dengan adanya pendidikan formal terutama pada pendidikan vokasi dapat memberikan keseimbangan nilai karakter dan akhlaqul Karimah yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini”.

Dr Nur Qudus MT IPM menambahkan bahwa pendidikan vokasi merupakan salah satu sektor yang secara internasional diakui perannya lebih meningkatkan skill tenaga kerja sehingga menjadi tenaga kerja yang terampil dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Jangan lupa follow Instagram kami, tweet kami di twitter, sukai fanspage facebook kami, subscribe Youtube kami untuk dapatkan berita terbaru tentang Fakultas Teknik. Stay Creative !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here