KONTINGEN UNNES BERHASIL RAIH BRONZE MEDAL PADA EVENT SINGAPORE INTERNATIONAL INVENTION SHOW (SIIS) 2020

0
51

Kontingen Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil mendapatkan Bronze Medal dalam event Internasional Singapore 2020 (AiSG) International Invention Show salah satu kegiatan bergengsi terutama bagi kaum millennial. Penghargaan di tingkat internasional atas kolaborasi dari 8 mahasiswa UNNES yang terdiri atas Khairul Mustofa (FT), Handika Rizki Pratama (FT), Linda Dawamu Rohmatika (FBS), Khusnul Khotimah (FE), Pandu Perdana Putra (FBS), Kuat Noviana (FT), Eka Nur Afiani (FE), dan Slamet Rahayu (FE) dibawah bimbingan dosen FT Arimaz Hangga, S.T., M.T. Gagasan yang dibawakan oleh tim UNNES yaitu “SEMS” Smart Emergency Moto Sniffer With Image And Audio Capture Based On Global Positioning System berhasil membawa nama harum UNNES dan Indonesia di kancah internasional.

Program ini berupa Exhibiton yang kegiatannya para Exhibitor mempresentasikan gagasannay di depan dewan juri di setap stand/panl yang sudah disediakan untuk setiap tim dari berbagai penjuru dunia. Dewan juri yang mendatangi ke setiap stand sekitar 3-4 dewan juri yang menilai setiap stand berdasarkan kategori akan memberikan rating berdasarkan kemampuan dalam mempresentasikan dan kesesuaian gagasan serta kemenarikan gagasan yang dipamerkan. Tidak hanya mempresentasikan kepada dewan juri, sebab berupa pameran maka exhibitor juga mempresantikan gagasannya kepada para pengunjung hanya saja para pengunjung tidak memiliki hak untuk memberikan penilaian hanya berupa kepuasan terhadap pelayanan atau pembawaan presentator atau mungkin gagasan yang dipamerkan.

Event tersebut mampu memberikan feedback pada setiap mahasiswa seeperti menjanjikan untuk dapat dikenal di kancah internasional, memperoleh relasi dengan beberapa investor yang bisa saja tertarik dengan gagasan yang dibawakan, dan lain sebagainya. AiSG sendiri diadakan di Lifelong Learning Institute Singapore yang diselenggarakan oleh organisasi American Society of Sciences and Art Convergence (ASSAC) pada tanggal 3-4 April 2020. Namun karena adanya Covid-19 kompetisi tersebut diselenggarakan secara online sesuai kebijakan dari panitia pihak Singapore dan Indonesia. Sistem yang dilakukan secara online dilakukan pada tanggal 15-25 April, namun dengan melihat keadaan negara Singapore yang semakin menjadi wabahnya yang kemudian ditunda menjadi tanggal 4-8 Mei 2020. Proses Penilaian dilakukan oleh 7 juri: Sir Dr Wilson Young (President of Association of British Inventors and Innovators), Prof Augustin Semenescu (Politehnica University of Bucharest), A/Prof Andrei Victor Sandu (Gheorghe Asachi Technical University of Iași), A/Prof Ovidiu Nemes (Technical University of Cluj-Napoca), Dr Xuan Zengpei (Deputy Secretary General of China Association of Inventions), Majid El Bouazzaoui (President of OFEED (Kingdom of Morocco), dan Muhammad Nabil (SMK Taman Daya 2). Selain Juri kompetisi, acara juga disukseskan dengan adanya 2 umpire yaitu Baroness Snjezana Rajacic (President of European Academy of Sciences) dan Prof Mladen Karic (European Academy of Sciences)

AsianInvent ™ Singapura berharap untuk mengumpulkan pemikiran kreatif dan inovatif dari seluruh dunia ke Singapura untuk pertukaran inovasi, di mana diikuti 228 delegasi dari 16 negara dan inovator lokal diharapkan untuk berpartisipasi dan mempresentasikan ide-ide mereka. AsianInvent ™ Singapura bertujuan untuk menjadi kompetisi digital sepenuhnya pertama dari jenisnya, termasuk sistem penandaan AI, SAGE, terakreditasi oleh European Academy of Sciences.

Kompetisi tersebut mencakup beberapa kategori mulai dari Automation, Biotechnology, Chemical, Electric Power and Energy, Electronics and Mechatronics, Environment-Friendly, Helath Care & Silver Technology, Information and Communications Technology (ICT), Manufacturing and Mechanical Engineering, Urban Farming and Agriculture By-Products dimana setiap exhibitor diperbolehkan untuk mengikuti event tersebut untuk memperkenalkan gagasan intelektual mereka. Partisipan SIIS mulai dari jenjang Primary, Secondary, dan University dari seluruh dunia dengan memperebutkan 3 penghargaan yaitu Gold, Silver, dan Bronze Medal.

Jangan lupa follow Instagram kami, tweet kami di twitter, sukai fanspage facebook kami, subscribe Youtube kami untuk dapatkan berita terbaru tentang Fakultas Teknik. Stay Creative !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here