Visiting Lecturers in Curtin University

0
203

Pada tanggal 4-6 Desember 2019, Dr. Ing. Dhidik Prastiyanto dan Dra. Sri Handayani M. Pd menjadi dosen tamu di Curtin University Australia. Kedua dosen Fakultas Teknik diterima dengan baik oleh Dean International Faculty of Science and Engineering, Curtin University di kampus Perth Australia.

Dr. Ing Dhidik Prastiyanto memaparkan tentang Fakultas Teknik UNNES dan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Di samping kegiatan sebagai visiting lecturer, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II Fakultas Teknik UNNES tersebut juga membahas implementasi kerjasama antara Curtin University dan Universitas Negeri Semarang.

Curtin University menawarkan rintisan program Dual Degree antara kedua fakultas. Skema 2+2 dapat ditempuh oleh mahasiswa FT UNNES yang berminat pada program tersebut. Dua tahun dapat ditempuh di UNNES dan dua tahun di tempuh di Curtin University Australia. Detail kerjasama akan dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama setelah dilakukan Memorandum of Agreement desk to desk antara kedua Universitas.

Disamping program dual degree, Curtin University juga memberi kesempatan untuk mahasiswa FT UNNES yang ingin mengambil Master of Profesional Engineering yang telah terakreditasi oleh Engineer Australia yang merupakan member dari Washington Accord. Skema MPE dapat diambil melalui program 3+1+1,5. Program tersebut berarti mahasiswa FT UNNES menembuh studi S1 selama 3 tahun di UNNES, dilanjutkan dengan 1 tahun penyelesain skripsi di Curtin University dan 1,5 tahun program MPE di Curtin University. Curtin juga memberi kesempatan untuk lulusan FT UNNES untuk menyelesaikan studinya di UNNES dan mengambil MPE di Curtin yang seharusnya 3 tahun menjadi 2 tahun dengan catatan kurikulum di UNNES memenuhi persyaratan.

Curtin University juga memberi kesempatan seluas-luasnya pada mahasiswa FT UNNES untuk mengambil study abroad selama semester di Curtin University. Selain itu jalinan kerjasama untuk PhD Study juga dibicarakan. Jalinan kerjasama tersebut akan dimulai dengan tindak lanjut pembahasan MoU antara kedua Universitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here