Fakultas Teknik Adakan Training of Trainer Bagi Dosen Pendamping Keilmiahan

0
106

Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang mengadakan Training of Trainer (ToT) bagi dosen pendamping keilmiahan, Kamis 12 September 2019. Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Gedung Dekanat Fakultas Teknik lantai 2 ini diikuti oleh 10 Dosen dan juga 20 mahasiswa pengurus BSO Engineering Research Club (EneRC). Dr. Wirawan Sumbodo, M.T selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan membuka langsung jalannya acara.

Acara Training of Trainer atau ToT ini diisi oleh Bayu Triwibowo, S.T., M.T selaku Pembina Keilmiahan Fakultas Teknik dan Dhoni Hartanto, S.T., M.T., M.Sc selaku Pendamping Organisasi Keilmiahan Fakultas Teknik. Tujuan utama diadakannya acara ini adalah membekali fasilitator dalam hal ini adalah Bapak Ibu dosen dan para pengurus EneRC untuk menyiapkan PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa tahun pendanaan 2020.

Bertindak sebagai pemateri pertama,  Bayu Triwibowo, S.T., M.T menyampaikan garis-garis besar standar PKM yang layak dan berkualitas untuk diajukan ke Belmawa Dikti hingga lolos ke PIMNAS. Beliau juga menjelaskan hal penting apa saja yang perlu ditekankan di setiap skim PKM, sehingga jika PKM tersebut didanai memiliki potensi untuk lolos di PIMNAS.

Melanjutkan materi kedua, Dhoni Hartanto, S.T., M.T., M.Sc menjelaskan standar poster dan slide presentasi dalam perlombaan tingkat nasional semacam PIMNAS. “Presentasi untuk PIMNAS berbeda, semua tim yang bertanding di PIMNAS sudah menyiapkan presentasi terbaiknya, tidak ada improvisasi dalam mempresentasikan. Kerjasama antar anggota tim juga menjadi indikator kekompakan dan kesiapan tim tersebut” tutur beliau.

Dalam kesempatan ini pula, kedua pemateri mengulas dokumentasi presentasi tim PKM KC Fakultas Teknik yang berhasil mendapatkan medali perak di PIMNAS ke 31. Ulasan tersebut berupa teknik presentasi yang digunakan, gesture dalam menyampaikan, porsi pembagian yang merata antar tim, dan konten slide presentasi. Melalui ulasan ini, harapannya dapat menjadi gambaran bagi para peserta ToT agar dapat menyampaikan secara luas kepada para mahasiswa.

Pada dasarnya kegiatan ini tidak hanya berfokus menyiapkan PKM saja, melainkan juga mencakup perlombaan keilmiahan lainnya seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Esai, maupun kompetisi yang menjurus sesuai bidang keilmuan. Acara Training of Trainer ini juga akan ditindaklanjuti melalui pendampingan penyusunan proposal PKM bagi mahasiswa yang akan mengajukan ke Belmawa Dikti. Selain itu, masing-masing Jurusan di Fakultas Teknik akan mengirimkan 1 dosen untuk mengikuti Training of Trainer di tingkat Universitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here