Mahasiswa Teknik Mesin UNNES Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

0
161

Dibawah bimbingan Bapak Adhetya Kurniawan S.Pd., M.Pd, Doni Puji mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang berhasil meraih juara 1 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) Zona Ilmiah. Tim yang diketuai Doni berhasil meraih juara setelah berkolaborasi dengan mahasiswa yang berasal FMIPA dan FBS sebagai anggota.

Dalam perlombaan tersebut, Doni dkk membawakan judul “MDPL (Modification Diversity Ponic Level) Farm Upaya Peningkatan Kualitas Pangan Melalui Seni Hidroponik Berbasis Teknologi Internet of Things”. Doni mengungkapkan bahwa ide ini dilatarbelakangi karena luas lahan pertanian di Indonesia yang semakin sempit sehingga ide ini harapannya dapat memberikan solusi kepada masyarakat. MDPL Farm adalah seni hidroponik yang mempunyai nilai estetis serta didukung dengan teknologi IoT yang mampu melakukan pemonitoringan tanaman secara otomatis hanya dengan menggunakan smartphone.

Kompetisi yang mengangkat tema “Peran Generasi Muda dalam implementasi revolusi industri 4.0 untuk mencapai Sustainable Development Goals 2030” ini diselenggarakan oleh Universitas Lambung Mangkurat dan diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian untuk juara 2 dan 3 pada kompetisi ini, masing-masing diraih oleh Universitas Negeri Malang dan Universitas Lambung Mangkurat.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik, Dr. Wirawan Sumbodo, M.T. mengaku bangga dan mengapresiasi atas capaian yang telah diraih tersebut. Harapannya, tradisi ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan sehingga memicu mahasiswa lainnya untuk berprestasi sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here