Jurusan Teknik Sipil Sukses Selenggarakan “Civil In Talent 2019”

0
270

Kegiatan Lomba Kompetensi Siswa SMK “Civil In Talent 2019” Bidang Keahlian Teknik Bangunan Se-Jawa Tengah dan DIY merupakan wahana untuk mengapresiasi kemampuan siswa SMK dalam bidang Keahlian Bangunan yang secara intensif dalam pelaksanaannya melibatkan sivitas akademika dan industri yang menjadi institusi pasangan dalam lomba Civil In Talent.

Lomba Kompetensi Siswa SMK “Civil In Talent 2019′ merupakan program Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang yang dilaksanakan untuk mengukur keterampilan siswa dan keberhasilan pembelajaran di SMK, bertujuan untuk mencari seorang siswa terbaik d kompetensi keahliannya masing-masing untuk mempersiapkan dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan DIY. Selain Lomba Kompetensi Siswa SMK, “Civil In Talent 2019” itu juga digunakan sebagai salah satu cara untuk memotivasi semangat belajar siswa di Kompetensi Keahlian masing-masing sehingga dapat menjadi calon pekerja yang cerdas, adaptif, terampil, dan berstandar mutu yang ditetapkan dalam dunia kerja

Bentuk kegiatan “Civil In Talent 2019” Autocad Building ini adalah meggambar Rumah 1 Lantai menggunakan Komputer Program Autocad yaitu Gambar denah, tampak, potongan, detail sambungan kuda-kuda dan detail kamar mandi umum. Lomba CIT 2019 dilaksanakan pada Sabtu, 3 Agustus 2019 di Ruang Lab Komputer Gedung E11 Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Dalam pelaksanaannya, lomba dibagi menjadi 2 sesi yang pada sesi 1 dilaksanakan pada pukul 08.30 – 11.30 dan gambar yang harus diselesakan yaitu denah rencana dan potongan A-A, serta sesi 2 dilaksanakan pada pukul 12.30 – 15.30 dan gambar yang harus diselesaikan yatu potongan B-B, tampak depan, detail sambungan kuda-kuda, dan detail kamar mandi umum. Pada penilaiannya terdapat 2 dewan juri dan ketua dewan juri dari Universitas Negeri Semarang yaitu Bapak Triono Subagyo.

Sebelum diadakan perlombaan, pihak panitia acara mengadakan technical meeting pada Jum’at, 2 Agustus 2019 pukul 14.00 WIB di ruang Seminar E11 Teknik Elekto Universitas Negeri Semarang. Semua peserta dan guru pembimbing dari setiap sekolah peserta hadir. Technical meeting tersebut membahas tentang peraturan lomba, sistem perlombaan, sistem penilaian, gambaran umum soal, acara di hari perlombaan, dan tanya jawab antara peserta lomba dengan pihak panitia serta juri perlombaan. Hasil dari technical meeting disetujui oleh semua peserta dan pembimbing yang hadir serta pihak panitia acara dan juri perlombaan.

Peserta yang mengikuti “Civil In Talent 2019” adalah 37 peserta yang berasal dari SMK Pangudi Luhur Muntilan, SMK Kristen Nusantara Kudus, SMK N 2 Pati, SMK N 2 Kebumen, SMK N 1 Rembang, SMK N 1 Kedungwuni, SMK N 1 Bukateja, SMK N 2 Depok Sleman, SMK N 1 Seyengan, SMK N 1 Adiwerna, SMK N 2 Salatiga, SMK N 7 Semarang, SMK Lemuria Kudus, SMK N 2 Purwodadi, SMK N 3 Semarang, SMK N 4 Semarang, dan SMK N 1 Jepara. Dan berdasarkan kriteria penilaian yang telah dilakukan, Tim juri memutuskan pemenang lomba yang menjadi Juara 1 yaitu Sigit Pamungkas dari SMK N 2 Kebumen, Juara 2 yaitu Riza Ali Khusni dari SMK N 2 Salatiga, dan Juara 3 yaitu Prazuda Hamzah Putra dari SMK N 7 Semarang dengan total hadiah sebesar Rp 3.250.000,- serta Buku Modul Autocad dan Sertifikat Juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here