Workshop Pengembangan Kurikulum KBKK dan KKNI oleh Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

0
82

Selasa 6 Agustus 2019, Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang mengadakan Workshop Kurikulum KBKK dan KKNI Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bertempat di Ruang Rapat Gedung Dekanat Fakultas Teknik lantai 2. Dalam acara ini Jurusan PKK mendatangkan 2 narasumber, diantaranya Dr. Kasiman, S.Pd., S.T., M.M selaku Kasubid Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi dan Drs. Sutopo, M.Pd selaku Kasi Pendidikan, Tenaga Kependidikan Khusus dan Tenaga Kebudayaan.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Nur Qudus, M.T., IPM membuka jalannya kegiatan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas kesediaan dua narasumber memberikan materi dalam kesempatan kali ini. Hadir juga segenap Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Prakarya se Kota Semarang dan Bapak Ibu Dosen Jurusan PKK Universitas Negeri Semarang.

Bertindak sebagai pemateri pertama, Dr. Kasiman menyampaikan pentingnya pengembangan kurikulum KBKK pada mara pelajaran prakarya. “Pada dasarnya pengetahuan prakarya sudah harus dibekali kepada siswa sejak duduk di Sekolah Dasar sehingga kedepannya para siswa memiliki pola pikir yang kreatif”, ujar Beliau.

Melanjtukan materi kedua, Drs. Sutopo, M.Pd menyampaikan tentang manfaat dari keselarasan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam penyelanggarakan kegiatan pendidikan di Indonesia. Sebagai informasi, KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif.

Selepas kedua pemateri menyampaikan paparannya, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Antusiasme dari para peserta terlihat dari berbagai pertanyaan yang dilantorkan. Melalui kegiatan ini, harapannya dapat memberikan masukan-masukan yang bermanfaat bagi segenap peserta yang datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here