Undang Praktisi Industri, Fakultas Teknik Gelar Workshop Pengembangan Riset Kolaborasi Berbasis Inovasi

0
180

Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang sukses menyelenggarakan Workshop Pengembangan Riset Kolaborasi Berbasis Inovasi, Selasa 18 Juni 2019. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Prof Soedartono Gedung Dekanat Fakultas Teknik dan diikuti sedikitnya 150 mahasiswa. Dalam workshop kali ini, Fakultas Teknik mengundang para praktisi di dunia industri.

Dr. Nur Qudus, M.T., IPM selaku Dekan Fakultas Teknik dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan para narasumber memberikan ilmu dan pengalamannya kepada para mahasiswa. Selepas sambutan tersebut, Bapak Ari H Iswanto selaku HRD PT Ungaran Sari Garment berkesempatan menjadi narasumber pertama. Bapak Ari menjelaskan bahwa dalam dunia industri khususnya bidang fashion sangat dinamis menyesuaikan dengan mangsa pasar. Hal yang perlu dilakukan dalam bidang fashion menitikberatkan pada inovasi desain. Bapak Ari juga menjelaskan bahwa kebutuhan busana saat ini juga mencirikan identitas diri seseorang.

Selesainya materi dari narasumber pertama, workshop dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Heru Sugiantoro yang merupakan Manager R&D PT Triangle Motorindo (VIAR Indonesia). Bapak Heru menjelaskan bahwa dunia otomotif khususnya yang sedang dilakukan VIAR Indonesia adalah melakukan inovasi dan riset di bidang Motor Listrik, Solar Cell, Recycle Battery Li-Ion, dan Vacuum Loose Fruits.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa memperoleh wawasan bahwa kebutuhan riset di dunia industri sangat dinamis mengikuti perkembangan zaman. Mahasiswa yang akan melakukan riset bisa diarahkan untuk aplikasi industri. Hal ini tentunya juga sangat mendukung mahasiswa dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here