Menggagas Pendeteksi Diabetes, Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro UNNES Raih Juara 1

0
212

Mahasiswa Fakultas Teknik, Agung Adi Firdaus berhasil meraih Juara 1 Lomba Esai Nasional dalam gelaran Science Festival yang diadakan oleh BEM Poltekkes Kemenkes 3 Jakarta. Science Festival merupakan serangkaian event yang terdiri dari lomba esai online, poster dan fotografi. Tema yang diangkat dalam perlombaan esai yaitu “Usaha Terbaikmu untuk Kesehatan yang Lebih Baik”.

Dalam esai yang ditulis, Agung menggagas Ipod (Improved Patch Ordering For Diabetes Detection) Inovasi Teknologi Pendeteksi Diabetes Melitus Berbasis Mobile Application. Setelah melalui proses penjurian esai, Agung berhasil meraih juara 1. Sementara Juara 2 diraih oleh Agatha Ratriasari mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Bintang Eka Putri dari Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai Juara 3.

“Perkembangan teknologi semakin canggih, apalagi yang sedang menjadi trend sekarang adalah Artificial Intelligence. Dari membaca berbagai jurnal internasional, saya mempunyai ide tentang pemanfaatan image processing dalam bidang kesehatan” Kata Agung mengenai idenya. Melalui lomba itu, mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer angkatan 2017 ini mengaku menulis esai ilmiah adalah hobinya, khususnya dalam lingkup teknologi informasi dan media pembelajaran.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik, Dr. Wirawan Sumbodo, M.T. mengapreasi prestasi yang telah diraih ini. Harapannya, berbagai prestasi baik ditingkat nasional bahkan internasional terus dihasilkan oleh para mahasiswa Fakultas Teknik UNNES.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here