Mengembangkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Melalui Program Pengembangan Kewirausahaan Kemristekdkti

0
177

Wirausaha berbasis teknologi saat ini menjadi tren yang banyak diminati oleh generasi muda. Fakultas Teknik sebagai naungan bagi mahasiswa yang inovatif memiliki banyak bibit wirausaha muda, sehingga perlu adanya pengembangan dan pengarahan potensi tersebut. Hal inilah yang menjadi pokok ulasan dalam workshop peningkatan kewirausahaan mahasiswa yang bertajuk “Meningkatkan Kualitas Usaha dengan Techno Business di Era Milenial menuju Pengusaha Muda Mandiri” yang diselenggarakan di Graha Cendekia, Gedung E2 lantai 3 Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (13/4/2019).

Workshop dan pelatihan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema Program Pengembangan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Program ini diketuai oleh Ahmad Mustamil Khoiron, S.Pd, M.Pd. dengan anggota Samsudin Anis, S.T., M.T., Ph.D, Adhi Kusumastuti, S.T., M.T., Ph.D, dan Lulut Indrianingrum, S.T, M.T. Secara khusus, kegiatan ini ditunjukan untuk mahasiswa yang sudah menjadi tenant wirausaha, namun secara umum kegiatan ini juga ditujukan untuk seluruh mahasiswa Fakultas Teknik yang ingin berwirausaha dan berminat untuk menjadi tenant ditahun berikutnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Wirawan Sumbodo, M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, dan yang berkesempatan menjadi pemateri pertama adalah Anindya Ardiansari, S.E., M.M. selaku Ketua UNNES Student Entrepreneurship Center (UNSEC). Anindy memaparkan materi Kiat Berwirausaha dan beliau juga menjelaskan bagaimana motivasi dan mindset seorang entrepreneur, meruntuhkan rasa takut gagal dalam berbisnis, serta memberikan kiat perencanaan bisnis. Kemudian dilanjut dengan narasumber kedua yang disampaikan oleh Ardian Rizqi Rahmawan selaku CEO Ardata Media dengan materi Perencanaan Usaha (Business Plan) dimana tenant dan peserta umum diarahkan untuk membuat rencana bisnis model kanvas. Disisi lain, peserta juga diarahkan bagaimana meningkatkan kualitas produk serta strategi pemasaran dan penjualan.

Sesi terakhir yakni pelatihan ketiga dibawakan oleh Chasna Santoso selaku CEO Gendhis Manes dan Papa Singkong, dengan materi sukses berwirausaha, bagaimana perjuangan bagi seorang yang memutuskan untuk berwirausaha. Kemudian teknik merekrut tim usaha, mengakselerasi akademik selagi berwirausaha, mengasah sensitifitas melihat peluang bisnis dan kiat menjadi pengusaha sukses. Ketiga pemateri merupakan ahli yang berpengalaman dibidang usahanya masing-masing. Mengingat kegiatan ini berkelanjutan, maka diharapkan dapat membangun jiwa wirausaha mahasiswa Fakultas Teknik dan menumbuhkan bibit-bibit wirausaha baru.

Setelah mendapatkan pelatihan dan materi, tenant mahasiswa akan melakukan magang pada perusahaan yang bersinergi dengan tema usaha masing-masingselama 2 bulan. Selanjutnya, tenant mahasiswa akan mendapatkan pendampingan usaha oleh para pengusaha muda mandiri, dan akan dievaluasi kemajuan usaha tenant mahasiswa setiap bulannya. Semoga dengan adanya program pengembangan kewirausahaan ini mampu melahirkan pengusaha-pengusaha muda mandiri di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here