Nuansa Peringatan Hari Kartini di Lingkungan Fakultas Teknik UNNES

0
328

Semarang 22 April 2019, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang melaksanakan upacara peringatan hari kartini guna merefleksikan kembali sejarah dan perjuangan yang telah dilakukan oleh Ibu Kartini. Upacara tersebut bertempat di Lapangan E9 Fakultas Teknik dan dihadiri oleh segenap unsur Pimpinan Universitas, Fakultas, LP3, LP2M, serta Pengelola Jurusan, dosen dan tendik di lingkungan Fakultas Teknik.

Seluruh petugas upacara yang terlibat dalam peringatan hari kartini ini adalah dosen perempuan, dan Dra. Sri Handayani M.Pd. selaku Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Teknik menjadi pembina dalam upacara tersebut. Dalam amanatnya, Wakil Dekan II  menyampaikan bagaimana perjuangan dan sejarah yang ditorehkan Raden Ajeng Kartini dalam memberikan pengaruh besar terhadap emansipasi perempuan di Indonesia. Hal ini perlu dijaga sehingga perempuan senantiasa memberikan kebermanfaatan bagi bangsa.

Dalam upacara tersebut, dibacakan juga riwayat singkat Raden Ajeng Kartini. Beliau lahir pada tanggal 21 April 1879. Ayahnya bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan bupati Jepara kala itu. Sementara, ibunya bernama M.A. Ngasirah yang juga merupakan keturunan dari tokoh agama di Jepara yang disegani saat itu, yakni Kyai Haji Madirono.

Selepas upacara peringatan hari kartini, seluruh peserta upacara baik unsur pimpinan, dosen maupun tendik yang telah mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, mengikuti lomba fashion show dan dinilai oleh 3 dewan juri yang telah ditetapkan oleh panitia. Sebagai informasi, kepanitian peringatan hari kartini di Fakultas Teknik kali ini seluruhnya terdiri dari Bapak dan Ibu Dosen CPNS.

Masih dalam rangkaian peringatan hari kartini, Fakultas Teknik menyelenggarakan Kuliah Umum yang bertempat di Ruang Prof Soedartono, Gedung Dekanat Fakultas Teknik UNNES lantai 3. Kuliah Umum tersebut bertemakan “Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Kualitas Keluarga Jawa Tengah untuk Maju dan Berdikari” dengan narasumber Ibu Bonita D.S, SH, CH, CHT. Ibu Bonita merupakan sosok pembicara dan trainer dalam bidang pengembangan diri, communications skills dan service excellence.

Ibu Bonita berpesan kepada seluruh audien baik dosen, tendik maupun mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum tersebut bahwa di era saat ini, seorang perempuan haruslah menjadi sosok yang menawan. Hal ini dapat dilakukan dengan kiat-kiat melatih diri untuk senantiasa menarik dan menyenangkan, memiliki empati, nyaman menjadi dirinya sendiri, aktif dalam hal yang bermanfaat sehingga memiliki wawasan yang luas. Disisi lain, perempuan juga harus memiliki sikap antusias, adaptif dan netral terhadap suatu hal.

Menutup rangkaian acara peringatan hari kartini, hasil dari lomba fashion show diumumkan oleh panitia. Pada Kategori Pimpinan, Juara 1 dan Juara 3 fashion show masing-masing berhasil diraih oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik, Dr. Wirawan Sumbodo, M.T., dan Dekan Fakultas Teknik, Dr. Nur Qudus, M.T., IPM. Pakaian adat yang dibawakan oleh Wakil Dekan III adalah pakaian adat khas Melayu, sedangkan Dekan Fakultas Teknik membawakan pakaian adat khas Padang. Kemudian pada Kategori Dosen, Juara 1 berhasil diraih oleh Ir. Meddiati Fajri Putri, M.Sc., IPM. (Dosen PKK), Juara 2 diraih oleh Irene Nindita Pradnya, S.T., M.Sc. (Dosen Teknik Kimia), dan Juara 3 diraih oleh Maria Krisnawati, S.Pd., M.Sn. (Dosen PKK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here