Mahasiswa Teknik Kimia Ikuti Pengabdian Masyarakat di Sulawesi Tenggara dan International Conference di Selangor Malaysia

0
265

Semarang (15/10/2018). Mahasiswa Prodi Teknik Kimia, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Negeri Semarang akan berpartisipasi dalam kegiatan Nasional dan Internasional. Kegiatan Nasional berupa pengabdian masyarakat akan diikuti oleh Dwi Nuryana (angkatan 2015) di Labengki, Sulawesi Tenggara dan International Conference on Emerging Engineering and Environmental Sciences (ICEES) 2018 yang akan diikuti oleh Muhammad Fahrul Rahman Alim (angkatan 2015) di Selangor, Malaysia. Kedua mahasiswa tersebut merupakan anak bimbingan dari Dr. Ratna Dewi Kusumaningtyas, S.T.,M.T.

Dwi Nuryana mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Youth Center to Act for Nation (YOUCAN) yang bertajuk YOUCAN SOCIAL EXPEDITION #3. YOUCAN SOCIAL EXPEDITION adalah pemberdayaan sosial untuk mengembangkan ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat dari daerah pedesaan. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Pulau Labengki yang terletak di perbatasan antara Sulawesi Tenggara dengan Sulawesi Tengah dan dilaksanakan pada tanggal 16 – 21 Oktober 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pemuda, meningkatkan konektivitas pulau terluar, terdepan, terpencil, dan wilayah perbatasan, melalui peningkatan akses terhadap kebutuhan bahan pokok sehari-hari, fasilitas kesehatan, serta fasilitas pendidikan.

Melalui kegiatan ini, pemuda Indonesia dapat menambah wawasan, meningkatkan semangat untuk membangun negeri, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya partisipasi mereka dalam kemajuan setiap bangsa.

Bersama 59 pemuda lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, persiapan telah dilakukan baik melalui diskusi online maupun tatap muka untuk memantapkan diri sebagai pemuda yang siap mengabdi dan mengembangkan Pulau Labengki yang berwawasan lokal.

Muhammmad Fahrul akan mengikuti kegiatan ICEES 2018 di Selangor selama 2 hari tanggal 15-16 Oktober 2018. International Conference on Emerging Engineering and Environmental Sciences (ICEES) 2018 merupakan konferensi di bidang teknik yang diselenggarakan oleh ANPRESOURCES menyediakan forum diskusi untuk para ahli, pemerintah, industri, profesor, dosen, mahasisawa, peneliti dan organisasi atau pemangku kepentingan utama lainnya yang memiliki hubungan serta ketertarikan dengan inovasi teknologi dan pendidikan kejuruan. ICEES 2018 mengangkat tema “Sustainability in Emerging Engineering and Development of Science Education for Future Generations” yang membahas mengenai keberkelanjutan rekayasa dalam pengembangan pendidikan ilmu pengetahuan untuk generasi masa depan dalam mewujudkan terciptanya inovasi teknologi dalam dunia teknik yang ramah lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here