Pertama Kalinya, Teknik Kimia Sukses Selenggarakan ISO Training

0
293

ISO Training 2018, telah dilaksanakan pada hari sabtu (6/10/2018) yang terselenggara dari kolaborasi Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang dengan PT. Solusimaxi. Pelatihan ini berlangsung di Ruang Prof. Soedartono,, Gedung Dekanat Fakultas Teknik Lt.3 Universitas Negeri Semarang. Dihadiri oleh mahasiswa teknik kimia, non teknik kimia dan umum, mulai pukul 08.30 sampai pukul 17.00 WIB.

ISO training merupakan acara kedua dari serangkaian acara Chemical Engineering Fair 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang. Dalam pelatihan ini terdapat 3 materi pelatihan yang disampaikan yaitu ISO 45001, SMK 3 PP No. 50 Tahun 2012 , dan Safety Audit. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih soft skill peserta dalam hal manajemen keselamatan kerja

Acara ISO training dibuka secara simbolis oleh Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Adit Arydharta, S.T., M.MT selaku pembicara dari PT. solusimaxi

Materi pertama yang disampaikan adalah materi tentang pengenalan ISO 45001 beserta penerapannya, dilanjutkan dengan materi kedua yaitu tentang SMK 3 PP No.50 Tahun 2012 beserta kewajibannya untuk diterapankannya di Indonesia, dan materi ketiga tentang safety audit. Para peserta diajarkan untuk berpikir kritis mengenai masalah terjadinya kecelakaan, kesehatan dan keselamatan kerja termasuk cara untuk mencegah terjadinya resiko kerja.

Di akhir sesi acara inti, peserta diminta untuk mengerjakan final test, dimana dalam final test ini akan diberikan nilai oleh pihak Solusimaxi. Peserta yang lulus dari minimal target nilai akan mendapatkan sertifikat pelatihan ISO Training, sedangkan bagi peserta yang belum lulus dalam final test diberikan kesempatan untuk remidi, setelah lulus dari remidi barulah peserta tersebut diberikan Sertifikat ISO Training. Setelah itu ditutup dengan foto bersama, pembacaan doa kemudian salam penutup.

Acara ISO training 2018 ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas dan politeknik di Indonesia antara lain; Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Politeknik Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang Dan Institusi Lain.

Antusias peserta pada ISO training 2018 ini cukup tinggi, hal ini ditunjukkan dengan keaktifan peserta pada saat diskusi, peserta pun berharap acara ISO training ini dapat diselenggarakan kembali di tahun yang akan datang.

Acara ini dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari FIT Radio, Kopi lelet Mak Mi’ah, G’boy, It’s Milk, dan monster Pulpen. Kontribusi dari berbagai sponsor tersebut sangat membantu dalam kelancaran acara ISO Training ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here