Tingkatkan Rasa Kepedulian dan Solidaritas, PMM Selenggarakan Baksos

0
159

Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Mesin telah melaksanakan Bakti Sosial pada hari Selasa-Rabu & Minggu, 28-29 Agustus 2018 & 2 September 2018. Bakti Sosial sebagai bentuk kegiatan nyata dari mahasiswa baru jurusan teknik mesin 2018 yang telah melaksanakan PMM (Pembekalan Mahasiswa Teknik Mesin) 2018. Dengan tema kegiatan “Membentuk Mahasiswa Teknik Mesin yang Berkualitas, Berkarakter, dan Berjiwa Solidaritas”, panitia mengajak seluruh mahasiswa baru jurusan Teknik Mesin untuk mengikuti Bakti Sosial. Diikuti seluruh Mahasiswa Baru Teknik Mesin dan Panitia PMM dengan sistem pembagian kelompok dan didampingi panitia tiap kelompok. Bakti sosial dilaksanakan untuk 2 Sasaran yaitu untuk Masyarakat sekitar UNNES yang kurang mampu dan Panti Sosial yang ada di Semarang.

Selasa, 28 Agustus 2018, Pukul 15.30 WIB peserta Bakti Sosial berkumpul di Lapangan E9. Hari pertama Bakti Sosial ditujukan untuk Masyarakat Sekitar UNNES yang telah di survei dan memang layak untuk mendapatkan Bakti sosial. Ada 7 Kelompok yang mengikuti Bakti Sosial di hari pertama ini. Sebelum berangkat peserta Berdoa dan telah dibagi untuk pembagian alamat penerima Bakti Sosial yang dikoordinir oleh saudara Moh. Zuhad selaku Hubungan Masyarakat kegiatan ini. Dengan didampingi oleh pendamping kelompok pukul 16.00 WIB peserta langsung menuju Alamat tujuan penerima masing-masing. Di rumah-rumah penerima, peserta langsung melihat dan memberikan sedikit bantuan yang telah dikumpulkannya saat PMM. Pukul 17.30 WIB seluruh pendamping laporan dan telah melaksanakan kegiatan bakti sosialnya. Pembubaran peserta langsung diarahkan oleh pendamping masing-masing.

Rabu, 29 Agustus 2018, pukul 15.30 WIB peserta Bakti Sosial berkumpul di Lapangan E9. Konsepan hari Kedua Bakti Sosial tidak jauh berbeda dengan hari pertama. Dengan peserta kelompok 8 sampai kelompok 14 dan didampingi oleh panitia, pukul 16.00 WIB semua peserta di Hari kedua langsung diarahkan menuju alamat tujuan masing-masing. Pembubaran peserta diarahkan oleh pendampingnya.

Sasaran kedua ditujukan ke beberapa Panti Sosial yang ada di Semarang. Panitia telah mensurvei beberapa panti dan diputuskan untuk Bakti Sosial di berikan kepada 4 Panti Sosial yaitu 1) Al – Idris; 2) Bustanul Arifin; 3) Darul Quro’; dan 4) Mambaul Ulum. Minggu tanggal 2 September 2018, pukul 15.30 WIB peserta kumpul di PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) Fakultas Teknik. Peserta bakti sosial kali ini terdiri dari beberapa perwakilan kelompok dan panitia. Pembagian kelompok tujuan dikoordinir oleh Casminto selaku ketua panitia. Pukul 16.00 WIB kegiatan berjalan dengan diawali berdoa dan persiapan. Perjalanan menuju panti sosial sekitar 15 Menit dan masing-masing kelompok telah mendapat arahan dari panitia yang mendampingi. Kegiatan yang dilakukan setelah sampai adalah menemui pengurus panti dan berkenalan dengan anak-anak panti yang ada. Kedatangan dari kami disambut baik oleh anak-anak disana. Sekitar pukul 17.18 WIB kami berpamitan dan kembali menuju UNNES. Bakti Sosial ini diharapkan mampu membantu dan membawa kebahagiaan bagi penerimanya dan mampu menjadi pembelajaran bagi peserta-pesertanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here