Doktor Goes To School, 2 Dosen Elektro Mengajar di SMK 1 Semarang

0
802

SEMARANG – Kiprah Doktor dan Professor saat ini semakin nyata. Program Dosen Mengajar di Sekolah sebenarnya tidak sekadar bermanfaat bagi kaum akademik dan eksistensi kampus saja. Namun, program ini juga mengemban misi besar untuk perubahan dan peningkatan kualitas pendidikan. Dalam program ini, tidak hanya guru yang belajar pada dosen, namun seorang dosen juga belajar pada guru.

Program yang digagas sejak awal tahun ajaran 2013/2014 di sejumlah wilayah di Jawa Tengah ini sangat menarik dan menjadi program Nasional. Pasalnya, dalam kacamata guru, selama ini stigma doktor/profesor sebagai “raja ilmu” atau “ilmuwan tingkat tinggi” memang masih melekat. Seolah-olah ada jarak antara guru yang kebanyakan masih bergelar sarjana. Padahal, guru dan guru besar sama-sama guru.

Pada kesempatan ini, 2 Dosen dari jurusan Teknik Elektro UNNES berkesempatan mengajar di SMK Negeri 1 Semarang. Beliau adalah Dr. Noor Hudallah, M.T dan Dr.-Ing Dhidik Prastiyanto, M.T seorang Dosen di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Pihak sekolah juga menyambut dengan baik agenda ini, diharapkan Dosen dapat memberikan pemahanan dan perbaikan kualitas pendidikan di sekolah mitra. Kegiatan tersebut juga dimanfaatkan oleh dosen untuk mengetahui tentang pemahaman guru dan implementasi tentang model, strategi, metode guru mengajar dan problem pendidikan lainnya. Selain itu, dosen juga ikut merasakan “menjadi guru” yang dihadapkan pada siswa, bukan dihadapkan pada mahasiswa saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here