Pesona Batik Simbut Dalam 2nd International Workshop on Batik Heritage

1
358

Batik adalah salah satu program unggulan di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (UNNES). Seiring dengan visi Universitas, Fakultas Teknik menyelenggarakan lokakarya internasional tahunan tentang warisan batik. Sebagai rangkaian perayaan HUT ke-53 UNNES, workshop kedua akan diadakan pada bulan Juli dengan tema “Batik Simbut”.

Batik Simbut berasal dari Banten. Batik Simbut menggunakan tepung beras ketan untuk bahan dasar yang berbeda dari Batik biasa. Workshop ini bermaksud memberikan informasi kepada masyarakat tentang keberadaan Batik Simbut di Indonesia.

Workshop digelar di ruang Prof. Soedartono gedung dekanat Fakultas Teknik. Acara ini dihadiri oleh 100 peserta dari dalam dan luar negeri. Prof. YL Sukestiyarno M.S, Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya atas upaya FT UNNES beserta panitia IBWFT dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. Beliau berharap seluruh peserta dapat memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut.

Pemateri pada acara workshop tersebut ialah Doddie K.Permana. Ia merupakan desainer tekstil yang sudah berkecimpung lebih dari 40 tahun di bidang desain tekstil. Ia tinggal di Bandung Indonesia, dan sekarang berumur 68 tahun, berpengalaman bekerja di pabrik percetakan tekstil di Jakarta dan Bandung. Sekarang ia memiliki Textile Design Studio sejak 1998 dengan nama Desain dan Produksi Tekstil “DoddieCrafts”.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here