FT Unnes Bersama Kemenhumham Selenggarakan Wokshop Paten

0
176

Senin, 16/04/2018. Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang mengadakan workshop penyusunan dan pengajuan paten, hak cipta, dan desain industri bersama Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementrian  Hukum dan HAM RI. Acara yang diselenggarakan di Gedung Dekanat FT Lantai 3 ini dihadiri oleh 130 peserta dari internal Fakultas Teknik dan Umum.

Setiap tahunnya jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa UNNES semakin meningkat dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Banyak di antara hasil penelitian/ pengabdian masyarakat tersebut yang berpotensi kekayaan intelektual.  Akan tetapi, sejauh ini masih banyak peneliti/ pengabdi yang belum mengetahui strategi yang tepat pemanfaatan dan perolehan hak kekayaan intelektual.

Kekayaan intelektual adalah hak eksklusif yang diberikan suatu hukum atau peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Kekayaan intelektual ini perlu ditindaklanjuti pengamanannya melalui suatu sistem pelindungan terhadap kekayaan intelektual (KI). Secara garis besar KI terdiri atas hak cipta (copyrights), dan kekayaan industri (industrial property) yang meliputi paten (patent), desain industri (industrial design), merek (trade mark), desain tata letak sirkuit terpadu (layout design of integrated circuit), rahasia dagang (trade secret), dan pelindungan varietas tanaman (plant variety protection).

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan 2 pembicara utama . Yaitu, Dra. Dede Mia Yusanti, MLS selaku Direktur Paten, DTLST dan rahasia dagang beserta Dr. Dra. Emi Widhyastari, Apt, M.Si selaku Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Kementrian Hukum dan HAM RI.

Dr. Nur Qudus, M.T selaku dekan Fakultas Teknik menyampaikan pentingnya pelatihan penyusunan dan pengajuan paten, hak cipta dan desain industri sebagai upaya peningkatan mutu sumber daya manusia ditengah persaingan di era milenial. Dibuktikan dengan adanya peserta yang berasal dari luar institusi menandakan bahwa acara ini dapat bermanfaat dan memberikan hasil yang positif.

Selain acara seminar, dalam acara tersebut dilakukan pendampingan dan konsultasi penyusunan paten, hak cipta dan desain industri oleh Ir. Dadan Samsudin, M.Si sebagai pemeriksa paten didampingi oleh Novi Mirawanty, S.Kom, M.Ti selaku kasubag TU, Direktorat Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang.

Kegiatan yang digawangi oleh panitia inti yang terdiri atas Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd, IPM selaku Penanggung Jawab Kegiatan, Dr. Ratna Dewi Kusumaningtyas, S.T. (Ketua Panitia), Dr. Karnowo, S.T., M.Eng. (Sekretaris), dan Dhoni Hartanto, S.T., M.T., M.Sc. (Koordinator Acara), beserta staf pendukung ini dihadiri oleh 120 peserta yang terdiri atas dosen/ Mahasiswa dari Fakultas Teknik UNNES, dosen UNNES di luar FT, dan peserta dari luar UNNES, yaitu UNDIP, Unikal Pekalongan, Universitas Islam NU Jepara, IKIP Veteran Semarang, ITB, STIEPARI Semarang, Universitas Semarang, Politeknik Negeri Cilacap, dan Tanri Abeng University.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengetahui:

  1. Strategi Perolehan dan Pemanfaatan Paten
  2. Strategi Perolehan dan Pemanfaatan hak cipta dan desain industri
  3. Teknis Penyusunan Deskripsi Paten
  4. Prosedur Pendaftaran Paten

Sehingga berdampak pada meningkatnya perolehan paten, hak cipta, maupun desain industri, khususnya dari hasil penelitian/ pengabdian masyarakat yang dilaksanakan civitas akademika di perguruan tinggi, khususnya di Fakultas Teknik UNNES.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here