Cinta Almamater ? Sukseskan Tracer Study Alumni Unnes 2014

0
305

Wujud cinta almamater dengan mensukseskan Tracer Study Alumni Unnes 2014

Semarang. Senin 2 juni 2014

Tracer study adalah penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di UNNES yang bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu Universitas Negeri Semarang. Di negara-negara maju, studi pelacakan jejak alumni adalah studi utama yang telah dilaksanakan secara sistematis, institusional, dan terus menerus. Maka tidak heran jika perguruan tinggi di negara maju diakui relevansi keberadaannya karena mereka terus – menerus melakukan evaluasi diri antara lain melalui tracer study.

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja. Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu)
maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi universitas, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran serta mendukung proses borang akreditasi. Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja serta dunia pendidikan dapat “melongok” ke dalam instistusi pendidikan tinggi melalui tracer study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.

Tracer Study Alumni Unnes bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan sistem pembelajaran di Unnes, Umpan balik yang disampaikan oleh alumni dalam form isian data akan menjadi suatu masukan yang berharga bagi Unnes untuk terus berbenah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi lulusan agar dapat bersaing di dunia dunia kerja. Oleh karena itu tim Tracer Study Unnes akan mengadakan penelusuran alumni bagi lulusan D3, S1, S2 dan S3 yang lulus tahun 2012. Diharapkan kerjasama dari alumni untuk melakukan pengisian data alumni yang akan dilaksanakan 1 Juli– 30 Sept 2014 yang dapat diunduh di karir.unnes.ac.id

Pengisian data tracer study alumni ini memberikan keuntungan bagi alumni sebagai pintu masuk memperoleh informasi lowongan kerja, beasiswa studi lanjut, seminar, pelatihan dan informasi-informasi lain terkait kebutuhan alumni yang akan dikirim melalui email pribadi dan/atau SMS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here