SEMINGGU MENGABDI DI DAERAH PERBATASAN, MAHASISWA FT TIBA DI UNNES

Selama kurang lebih satu minggu di NTT, M. Insanul Mahfud Mahasiswa PTM 2016 berhasil menyelesaikan misi pengabdian di penjuru Indonesia.

YOUCAN Empower 2018 dilaksanakan di Atambua, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste. Kegiatan ini diikuti oleh pemuda/pemudi terbaik bangsa yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Mulai dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Semarang dan Perguruan Tinggi lainnya.

Pengabdian ini terbagi menjadi 4 Divisi yaitu Divisi Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Ekonomi. Pertama dari Divisi Pendidikan. Beberapa kegiatan unggulan tim pendidikan yaitu donasi 1000 buku untuk Belu, motivational session untuk siswa SMA N 2 Tastim agar mau meneruskan study nya ke jenjang yang lebih tinggi, pemutaran film kebangsaan dan Sitedi (Komunikasi dengan Tenaga Pendidik) dari jenjang PAUD sampai SMA.

Untuk Divisi Kesehatan memiliki program unggulan diantaranya pembagian susu untuk siswa PAUD dan SD, screaning kesehatan terhadap anak-anak PAUD, senam bersama dan empowering remaja. Selain itu juga ada penyuluhan Posyandu dimana mereka memberikan medical check up untuk warga setempat.

Ketiga ada Divisi Lingkungan dengan program unggulan pembuatan plang penunjuk arah di titik-titik yang dapat dijangkau oleh pengunjung desa serta sekolah lingkungan di SMP N Sadi yang turut mengikutsertakan warga desa sebagai pesertanya.

Divisi Ekonomi, mempunyai master plan Ekopariwisata dan Bazaar seni kerajianan khas daerah setempat yang melibatkan seluruh divisi serta masyarakat. Ini adalah salah satu program yang sukses besar dimana semua kalangan warga desa dapat berkumpul dalam satu tempat.

“Saya berterima kasih kepada jajaran pimpinan UNNES yang telah mendukung saya dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Meskipun disana saya hidup dengan berbagai macam keterbatasan, namun hal tersebut malah menambah kecintaan saya pada Indonesia.” Paparnya setibanya di kampus UNNES.

Ia berharap akan ada mahasiswa UNNES lainnya khususnya mahasiswa FT yang siap dan rela mengabdikan dirinya untuk UNNES dan Indoesia yang makin baik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *