HMPTK FT UNNES SELENGGARAKAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH CEPTION (CHEMICAL ENGINEERING PAPER COMPETITION)

Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia (HMPTK) Universitas Negeri Semarang pada tanggal 10-12 November 2017 telah melaksanakan kegiatan lomba karya tulis ilmiah Ception (Chemical Engineering Paper Competition) di gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Lomba LKTI tingkat Nasional ini diselenggarakan oleh HMPTK FT UNNES yang dilaksanakan untuk kedua kalinya. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyalurkan potensi intelektual dan kreativisas mahaiswa dalam memberikan ide dan inovasi untuk memajukan bangsa Indonesia terutama dengan pemanfaatan sumber daya alam terbarukan yang meliputi bidang energi, pangan, lingkungan, kesehatan, kemaritiman, pertanian dan industri. Selain itu juga untuk memperkenalkan Jurusan Teknik Kimia FT UNNES kepada mahsiswa diseluruh Indonesia.

Acara ini dibuka oleh wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FT UNNES Dr. Wirawan Sumbodo, M.T. dalam sambutannya beliau berharap agar para peserta  dapat memberikan solusi dan bagi penguasaan IPTEK untuk pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia yang berlimpah untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Jurusan Teknik Kimia Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T..

Ception 2017 diikuti oleh 48 tim peserta dari PTN/PTS se Indonesia, 10 diantaranya masuk sebagai finalis. Pelaksanaan Ception 2017 ini dilaksanakan selama 3 hari, hari pertama yaitu Technical Meeting untuk seluruh finalis, hari kedua pemaparan karya ilmiah dari 10 finalis dan dilanjutkan hari ketiga yaitu acara field trip Kota Semarang dan Mulia Bersama Anak yatim yang telah menjadi ciri khas dari Ception itu sendiri. Paparan  10 finalis terbaik dilaksanakan pada tanggal 11 November bertempat di Dekanat lantai 3 Fakultas Teknik Unnes. Dalam babak final ini, penilaian dilakukan oleh 3 orang juri,  antara lain Bayu Triwibowo, S.T., M.T., Fianti, S.Si., M.Si., Ph.D, Widya Hari Cahyati M.Kes. Dalam babak final terdapat sesi tanya jawab yang diberikan juri untuk para finalis.

Tim dari Universitas Gajah Mada berhasil menyabet gelar juara 1 pada Ception tahun ini dan mendapatkan piala, piagam penghargaan serta dana pembinaan sebesar 3,5 juta rupiah. Sedangkan juara 2 dan 3 diraih oleh Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang, dengan mendapatkan piala, piagam serta dana pembinaan masing-masing 2 juta dan 1juta rupiah.

Suka cita sekaligus bangga terlihat dari raut wajah  Finalis Ception yang telah berhasil melewati tahap demi tahap perlombaan. Salah satu finalis memberikan kesan tentang Ception yang sangat menarik dan memiliki konsep acara dan ciri khas yang berbeda dengan lomba LKTI pada umumnya. “Ception 2017 memberikan pengalaman serta cerita yang berkesan, selain konsep acara yang menarik acara ini dapat memberikan kita pentingnya rasa kepedulian terhadap sesama melalui Mulia Bersama Yatim, serta field trip Kota Semarang yang memberikan kenangan indah dan berkesan bagi kami. Saya mewakili seluruh finalis mengucapkan banyak trimakasih telah disambut baik kakak-kakak Teknik Kimia Unnes” ujarnya. Ketua Himpro Teknik Kimia, Dio Bagus Pangestu berharap setidaknya minimal 5 tahun kedepan Ception ini bisa menjadi ajang kompetisi yang International bergengsi di Indonesia. Sekali lagi selamat bagi para pemenang Ception 2017, kami tunggu kehadirannya kembali di ajang perlombaan Ception tahun berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *