SONGSONG TAHUN INTERNASIONALISASI FT MENGIRIMKAN DELEGASI PADA PROGRAM SHORT COURSE DI SOUTHERN TAIWAN UNIVERSITY OF SCIENCE TECHNOLOGY, TAIWAN

Ilmu pengetahuan, sains dan teknologi (Iptek) kini berkembang dengan pesat, yang ditandai dengan semakin majunya bidang sains dan teknologi di berbagai bidang pekerjaan, seperti konstruksi baik yang diterapkan pada bidang teknik mesin maupun teknik sipil, transportasi, energi, teknologi informasi dan telekomunikasi serta sejumlah bidang strategis lain. Kemajuan di bidang sains dan teknologi ditandai dengan peningkatan kecepatan perangkat teknologi dalam proses pekerjaan yang berbeda secara signifikan dengan sebelumnya.  Inovasi di bidang sains dan

teknologi merupakan keniscayaan dan telah nyata memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi yang berkelanjutan di berbagai negara di dunia. Untuk itu, negara-negara industri maju berkepentingan untuk menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi melalui penelitian dan pengembangan untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing, kapasitas, kuantitas maupun kualitas produk yang dihasilkan oleh industrinya dan dampaknya terhadap kualitas pembangunan manusia.

Disisi lain, negara berkembang juga mulai menyadari bahwa penguasaan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi merupakan kunci untuk mendorong pembangunan sector ekonomi agar tumbuh dan berkembang, sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan penduduknya. Dalam rangka upaya peningkatan kwalitas SDM Dosen di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang untuk menyongsong tahun internasionalisasi pada tahun 2018, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para Dosen untuk mengembangkan diri dalam berbagai pelatihan, short course yang diselengarakan oleh Kemenristek Dikti. Salah satu Dosen yang telah berangkat mengikuti program shortcourse kemenristek dikti adalah Ir. Agus Nugroho, S.Pd.,M.T.,IPP. Dosen Jurusan Teknik Mesin yang mengikuti Program Short Course bidang Vocational Education di Southern Taiwan University of Science and Technology selama 1 bulan. Adapun materi yang diikuti adalah sebagai berikut Digital Image Processing – DIP baik untuk biomedical maupun engineering aplication, Sistem Operasi Embedded (Embedded Operating System – EOS, Digital System Design – DSD), Field Programmable Gate Arrays (FPGAs), Monitoring Grafik Lanjutan (Advanced Graphic Monitoring – AGM), Human-Machine Interface – HMI dan project program sesuai dengan minat dan research area dari perserta short course yang akan didampingi oleh Profesor yang kompeten dibidangnya dari universitas tersebut. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Director of  International Office, Southern Taiwan University of Science Technology, Prof. Ming-Lung Roger Yang, PhD didampingi oleh Prof. Chi-Jong Wang, PhD sebagai ketua pelaksana program short course.

Dekan FT Dr. Nur Qudus, M.T. menjelaskan bahwa langkah ini dirasa efektif untuk mendorong para dosen untuk mengembangkan diri karena program ini merupakan program resmi yang telah diluncurkan oleh Kemenristek Dikti melalui Direktorat Karier dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kemenristek Dikti sehingga harapannya lebih banyak Dosen yang dapat memanfaatkan program ini di masa yang akan datang untuk pengembangan FT UNNES sesuai dengan program Universitas Negeri Semarang. Sejumlah potensi kerjasama luar negeri secara otomatis juga akan dibangun sehingga dapat memberikan penguatan kepada FT khususnya dan UNNES secara umum dalam rangka menyongsong tahun internasionaliasi pada tahun 2018.  Rusiyanto, S.Pd.,M.T selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin sangat mengapresiasi kebijakan Fakultas dalam rangka memberikan fasilitasi kepada Dosen Jurusan Teknik Mesin untuk mengikuti program ini sehingga diharapkan program ini dapat bermanfaat bagi pengambangan lembaga.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *