Mahasiswa Malaysia dan Thailand Menjalani Pengalaman Journey to Biodiesel di Laboratorium Operasi Teknik Kimia, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik UNNES

Fakultas Teknik mendapatkan kunjungan spesial dari sepuluh mahasiswa Malaysia dan Thailand yang berasal dari Universiti Teknologi MARA, Malaysia dan Kasetsart University, Thailand. Kunjungan kesepuluh mahasiswa tersebut dalam rangka kegiatan International Community Engagement (ICE) 2017 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang dengan salah satu kegiatan yang bertajuk Journey to Biodiesel. Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu dari tanggal 15 hingga 21 Agustus 2017 ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari luar negeri untuk belajar tentang proses produksi biodiesel di Universitas Negeri Semarang. Kesepuluh mahasiswa tersebut antara lain:

Universiti Teknologi MARA, Malaysia:

  1. Nur Amalina binti Muhammad Fadhlullah Ng
  2. Iqbal Amzar bin Bukhory
  3. Hairie Amrie bin Amran
  4. Nur Farhah Syahirah binti Hamdan
  5. Noor Husnia Noor Azam
  6. Nur Shahira binti Mohd Mostajab

Kasetsart University, Thailand:

  1. Wichapphon Suppajindakorn
  2. Achiraya Korkong
  3. Witchaya Namthong
  4. Sarawut Buasa

Mahasiswa-mahasiswa tersebut mempelajari tentang konsep bagaimana biodiesel dibuat mulai dari proses hulu sampai hilir. Sepuluh mahasiswa tersebut juga diberikan pengalaman kunjungan ke Perkebunan Tlogo, Kabupaten Semarang penghasil karet. Proses selanjutnya yang dipelajari adalah seed drying, oil extraction, vegetables oil refining, biodiesel processing, dan simulation process serta melaksanakan eksperimen produksi biodiesel di Laboratorium Operasi Teknik Kimia, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik di bawah bimbingan dosen pengajar sekaligus staf ahli rektor bidang kerjasama UNNES yaitu Dr. Ratna Dewi Kusumaningtyas S.T., M.T. serta didukung oleh Kepala International Office UNNES Intan Permata Hapsari S.Pd., M.Pd,  Tim Percepatan Internasionalisasi UNNES, pengelola Fakultas Teknik, pengelola Jurusan Teknik Kimia, Laboratorium Operasi Teknik Kimia, serta Gugus Kerjasama Fakultas Teknik.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa-mahasiswa internasional tersebut diharapkan dapat belajar secara lebih mendalam mengenai nilai-nilai konservasi UNNES khususnya tentang energi baru dan terbarukan melalui proses pembuatan biodiesel secara komprehensif. Dekan Fakultas Teknik berharap kegiatan-kegiatan internasional yang mendatangkan mahasiswa luar negeri ini dapat dilaksanakan oleh semua jurusan di Fakultas Teknik secara berkesinambungan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung program internasionalisasi UNNES sehingga dapat meningkatkan peran dan reputasi UNNES di kancah global. (Dhoni Hartanto S.T., M.T., M.Sc., Tim Percepatan Internasionalisasi UNNES)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *