MENAMPILKAN VERTICAL RESCUE, LEKMAPALA MEMBUAT TERKEJUT SELURUH MAHASISWA BARU

Tepat pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Universitas Negeri Semarang mengadakan Upacara Kemerdekaan yang dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat Unnes dan seluruh mahasiswa baru 2017. Di Fakultas Teknik  setelah kegiatan Upacara Kemerdekaan para mahasiswa yang aktif menyambut mahasiswa baru dengan menyanyikan Mars Fakultas Teknik. Setelah penyambutan, kemudian dilanjut dengan kegiatan pengenalan LK/BSO. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada mahasiswa baru organisasi – organisasi yang aktif di fakultas teknik.

Dari semua perkenalan LK dan BSO ada salah satu organisasi yang memperkenalkan diri dengan cara yang luar biasa dan mengejutkan. Yakni Organisasi Pencinta alam di Fakultas Teknik yaitu Lekmapala. Lekmapala tampil dengan cara yang berbeda dan membuat seluruh orang yang menyaksikannya terkejut dengan rasa kagum. Lekmapala tampil dengan menampilkan sebuah simulasi penangan korban kebakaran di gedung bertingkat.Konsep yang ditampilkan sungguh apik dan penuh dramatis.

Penanganan yang dilakukan adalah menggunakan penanganan vertical rescue, yaitu dengan rescuer membuat instalasi penyelamatan dengan menggunakan tali caramentel dan lain sebagainya yang membantu dalam proses penyelamatan korban. Salah satu rescuer turun dengan membawa korban di dalam tandu dan turun dari gedung bertingkat melalui tali caramentel yang telah di set. Penampilan ini ditutup dengan salah satu recuer turun dari gedung bertingkat flying fox dengan membawa bendera Lekmapala. Alasan ditampilkannya atraksi seperti ini, karena Lekmapala ingin menyampaikan bahwa Lekmapala bukanlah sekedar organisasi pecinta alam yang hanya sekedar mendaki dan melakukan kegiatan di alam tetapi di Lekmapala mempelajari ilmu SAR dan PPGD guna membantu masyarakat sekitar serta bertujuan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan alam dan lingkungan sosial.

Penampilan ini tidak hanya membuat terkejut seluruh mahasiswa baru dan panitia, tetapi juga penampilan Lekmapala turut disaksikan oleh Bapak Drs. Nur Qudus, M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik serta Bapak Dr. Wirawan Sumbodo, M.T selaku Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan.

Lekmapala FT Unnes juga berkerja sama dengan SAR KAB. SEMARANG dalam pelaksanaan atraksi ini serta PAPANES (Paguyuban Pecinta Alam Unnes) yang telah membantu pelaksanaan kegiatan tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *