TIM ROBOT UKM RIPTEK UNNES LOLOS KE KONTES ROBOT NASIONAL

Kontes robot Indonesia (KRI) merupakan kompetisi kontes bidang robotika yang diikuti oleh institusi atau perguruab tinggi negeri maupun swasta di seluruh indonesia yang terdaftar di kementrian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi.

KRI diselenggarakan di 4 wilayah tingkat regional. Regional 1 meliputi sumatra dab sekitaranya, regional 2 meliputi jawa bagian barat, regional 3 meliputi jawa bagian tengah, kalimantan timur, kalimantan selatan, dan regional 4 meliputi jawa bagian timur, bali, ntt, ntb, papua.

Pada tahun ini Tim Robotika Ukm Riptek Unnes masuk ke dalam regional 3 yang diselnggarakan di Universitas Gadjah Mada pada awal mei lalu, dan divisi KRSBI yang dinamakan TIM SAITAMA berhasil lolos ke tingkat nasional yang akan di selenggarakan pada bulan juli 2017 mendatang di UPI Bandung. Yang nantinya juara 1 nasional akan mewakili Indonesia mengikuti MSL internasional di Brasil.

KRSBI ( robot sepak bola beroda ) merupakan divisi terbaru pada KRI yang merupakan pengembangan dari KRPAI beroda. Aturan kompetisi ini mengacu pada Robocup Middle size (MSL). SAITAMA menggunakan sistem aplikasi Android dengan memanfaatkan kamera hp yang berada pada robot untuk mendeteksi bola dengan tambahan sistem navigasi kompas yang ada di dalam Android untuk mendeteksi gawang lawan. Cara kerja dari robot ini adalah mendeteksi warna pada bola kemudian robot mencari gawang lawan dengan sistem navigasi kompas, ketika nilai range dari kompas terpenuhi maka dengan secara otomatis robot tersebut menendang ke arah gawang lawan.

Tim inti Saitama diketuai oleh M. Syahdan maulana (ptm), dengan anggota  M. Ainul Fikri (pte), hafid prasetyo (pte), oky P (pte),  jahidin (pte),  aldi Nugroho (Ilkom),  arindi (pte),  minhajul (ilkom),  Riski Danang (ilkom).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *