SELAMAT DAN SUKSES KEPADA 15 TIM FT PERAIH HIBAH PKM KEMENRISTEKDIKTI 2017

0
91

Dekan Fakultas Teknik mengucapkan selamat atas perolehan 15 Tim PKM FT yang telah mendapatkan hibah PKM Kemenristekdikti 2017. Selain ucapan selamat, Dr. Nur Qudus, M.T. berpesan agar kegiatan PKM dilaksanakan dengan maksimal oleh kelompok mahasiswa dengan bimbingan dosen pembimbing sehingga lolos PIMNAS dan meraih juara di PIMNAS.

Prof. Amin Retnoningsih, M.Si.,  Juri dan reviewer PKM Nasional menyampaikan bahwa “penurunan jumlah PKM seluruh PT dikarenakan kurang taat pada pedoman PKM. Sebagai contoh esalahan penomoran halaman, nama yang disingkat, spasi, margin, dll saja langsung gagal/ditolak.  Oleh karena itu perlu ditekankan agar mahasiswa mengikuti panduan PKM dengan taat, dan peran pembimbing/pendamping mereview proposal yang diajukan.  Skim PKM pengabdian masyarakat juga tidak boleh keliru dengan PKM Teknologi. Banyak yang mengusulkan dengan tujuan membantu aspek teknologi kepada masyarakat produktif (UKM/home industri/calon wirausaha) melalui skim pengabdian masyarakat, hal ini sudah pasti gagal.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT UNNES, Dr. Wirawan Sumbodo, M.T mengharap agar dosen FT UNNES dapat memberikan luaran tugas berupa proposal PKM pada mata kuliah yang dapat terkait PKM, agar jumlah pengusul proposal semakin banyak. Munculnya ide/gagasan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, serta bimbingan intensif perlu untuk menampilkan gagasan terbaik untuk usulan PKM. Dosen-dosen di Fakultas Teknik telah melakukan hal serupa, akan tetapi baru beberapa. Oleh karena itu perlu agar dosen-dosen Fakultas Teknik untuk dapat memberikan tugas proposal PKM pada salah satu tugas mata kuliahnya. Universitas-universitas peraih banyak hibah PKM didanai dan juara di Pimnas telah menerapkan hal tersebut sejak lama. Fakultas Teknik telah memfasilitasi review PKM oleh tim pendamping PKM, akan tetapi lebih efektif bila review proposal dilakukan oleh dosen pembimbing masing-masing jurusan/prodi. Seluruh Fakultas UNNES telah menerapkan review proposal PKM sebagai syarat memperoleh user dan password akun simbelmawa, dengan harapan kualitas proposal semakin meningkat baik ide maupun administrasi (ketaatan panduan).

Perlu disampaikan bahwa telah terbit SK Rektor terkait penghargaan mahasiswa prestasi Luar biasa, yang mana mahasiswa peraih juara emas dalam Pimnas maka akan disetarakan dengan KAS (Karya Akhir Studi) untuk PKM Penelitian, PKMM dengan KKN, PKMT dengan PKL, dll. Prosedur pengajuan penghargaan tersebut diusulkan dari tingkat Jurusan, fakultas, kemudian ke Universitas. Semoga dalam waktu dekat terkait SK Rektor penghargaan mahasiswa prestasi Luar biasa dapat diedarkan ke seluruh dosen.

Adapun nama-nama mahasiswa dan dosen pendamping terlampir sebagai berikut.

sedangkan data jumlah PKM yang diusulkan dan didanai UNNES secara keseluruhan adalah sebagai berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here