Dieta Wahyu Asry Ningtias dan Silfiana Eka Sagita Juara 1 LAEC 2016

0
447

Mengoptimalkan kearifan lokal dalam menunjang pembangunan berkelanjutan untuk menyongsong Indonesia mandiri, adalah tema yang diusung dalam Lomba karya tulis ilmiah nasional LingArt Essay Competition 2016 yang diadakan oleh lembaga keilmiahan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Salah satu finalis LAEC 2016 berasal dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang digawangi oleh Dieta Wahyu Asry Ningtias Jurusan Teknik Elektro dan Silfiana Eka Sagita Jurusan Teknik Kimia. Karya yang telah mereka ajukan dengan judul Smart Smoke Cleaner-Filter Asap berbasis Ecotechnology sebagai Solusi Meminimalisir Pencemaran Udara di Indonesia. Karya yang mereka ajukan mampu membawa mereka ke babak Grand Final LAEC 2016 dan telah mengalahakan puluhan karya lainnya dari seluruh Indonesia. Dalam Grand Final LAEC 2016 ini, Dieta dan silfi berkompetisi dengan Universitas Muhammadiyah Malang, UNY, UPI, Universitas Medan, UMS, Universitas Pendidikan Ghanesa.

Kompetisi ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 11-12 November 2016 dengan serangkaian acara yaitu technical meeting, Presentasi karya tulis, dan Field Trip wisata Kota Semarang. Pada saat akan melakukan presentasi rasa grogi dan tegang merauti wajah mereka, akan tetapi saat bergiliran maju presentasi mereka mampu melakukan dengan percaya diri, lugas dan dapat memukau para dewan juri. Pada saat acara presentasi telah selesai, saat itu adalah saat dimana membuat jantung berdetak kencang karena pada saat itu akan ada pengumuman juara LAEC 2016. Tibalah saat pengumuman yang ditunggu-tunggu. Saat Tim Smart Smoke Cleaner diumumkan sebagai Juara 1 LingaArt Essay Competition 2016  raut muka yang sangat bahagia menjadi nuansa dominan pada kontingen Fakultas Teknik UNNES karena usaha optimal mereka berbuah dengan sangat manis. Berada di tengah persaingan dengan berbagai Universitas ternama di Indonesia sama sekali tidak membuat nyali mereka menjadi surut. Hal tersebut seakan menjadi motivasi lebih bagi mereka untuk berprestasi dan membawa nama baik almamater.

Keberhasilan meraih Juara 1 dalam lomba essay ini dinilai Dieta dan Silfi tidak terlepas dari usaha serta dukungan dari orang-orang terdekat seperti Bapak Dhoni Hartanto S.T.,M.T.,MSc sebagai dosen pembimning yang selalu siap untuk membimbing untuk perbaikan essay dan presentasi yang telah dibuat. Serta tak lupa juga Orang Tua, Ketua Jurusan Teknik Kimia dan Teknik Elektro serta dosen yang telah mendukung dan menndoakan untuk kelancaran dan kesuksesan tim ini.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Bapak Dr. Nur Qudus M.T dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Wirawan Sumbodo M.T. mengucapkan selamat dan sukses dan beliau sangat mengapresiasi prestasi mereka. Harapannya prestasi ini bisa memberikan inspirasi dan manfaat yang lebih di tingkat Nasional maupun Internasional. Kemenangan ini diharapkan menjadi motivasi mahasiswa Universitas Negeri Semarang khususnya Fakultas Teknik agar dapat menumbuhkan jiwa yang kontributif , pemikiran kritis dan inovatif sehingga karya mahasiswa dapat berguna untuk masyarakat luas. FT Yes The Best.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here