Mobil Irit UNNES Siap Berlaga di Nasional

0
445

Mobil hemat energi dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (Unnes) lolos pada Kompetisi Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013. Mereka akan kembali mengikuti kompetisi mobil irit tingkat nasional di Sirkuit Kenjeran, Surabaya, 14 – 17 November 2013.

Pada kompetisi ini, tim Unnes akan mengikutsertakan dua tim mobil hemat energi, yaitu Warak Ngendhog Tim dan Warak Go Green Tim.

“Warak Ngendhog akan berlaga pada kategori mobil urban berbahan bakar bensin, sedangkan Warak Go Green akan berlaga pada kategori mobil urban berbahan bakar listrik, “ ujar Ketua Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Mesin FT Unnes Hendra Prasetyo.

“Kedua tim itu telah lolos pada dua fase seleksi yaitu seleksi administratif dan update design report,” lanjutnya.

Hendra yang juga manajer tim itu mengungkapkan,kedua mobil tersebut masing-masing dengan isi silinder 80 cc. “Untuk kepentingan lomba, mobil ini hanya untuk satu orang. Namun sesungguhnya mobil ini bisa berkapasitas dua orang,” katanya seraya menambahkan, mobil berkecepatan maksimal 25 km/jam itu akan membutuhkan bahan bakar berupa pertamax per liter 150 km, sedangkan untuk listrik per KWh 70 km.

Menurutnya, tujuan mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Dirjen Dikti dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) itu untuk menawarkan konsep mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar. “Selain itu, untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dari bangku kuliah,” katanya.

Hendra menambahkan, dukungan dan kerja sama dengan berbagai pihak bisa menghubungi Tim Unnes. “Silakan menghubungi saya melalui di nomor 085842239272,” tambah Hendra.

ditulis oleh : Dwi Sulistiawan <http://unnes.ac.id>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here