BERITA ACARA PENERIMAAN TAMU AMBALAN GUGUS LATIH TEKNIK AMBALAN DAN RACANA WIJAYA-TUNGGAWIJAYA TAHUN 2021

0
84

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) adalah salah satu program kerja Gugus Latih Teknik 2021 yang bertujuan untuk melantik calon tamu untuk menjadi tamu Ambalan WijayaTunggawijayadan sebagai syarat menjadi anggota Ambalan Wijaya-TunggawijayaGugus Depan Kota Semarang 14.111-14.112 Universitas Negeri Semarang Tahun 2021 dengan mengusung tema “Wujudkan Jiwa Pancasila Kobarkan Semangat Pramuka”. Maksud dari kegiatan ini adalah kegiatan pertama untuk membentuk karakter dan mengenalkan lebih dalam bagaimana kepramukaan di Perguruan Tinggi. Menjadi bekal bagi para calon tamu Ambalan kelak apabila sudah dilantik menjadi tamu Ambalan Wijaya.

Kegiatan Peenrimaan Tamu Ambalan Gugus Latih Teknik Tahun 2021 dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 25-26 September 2021 yang diadakan secara daring via Zoom. Hari pertama, saat pra acara diputarkan video jingle Pramuka Wijaya-Tunggawijaya dan Jingle Gusgus Latih Teknik sembari menunggu peserta memasuki room zoom. Pada pukul 07.30 WIB acara dibuka oleh MC. Selanjutnya peserta diputarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymene Pramuka. Selanjutnya laporan dari kak Ni’am sekalu ketua sangga kerja Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Latih Teknik 2021. Acara selanjutnya sambutan dari Kak Pangestu selaku Koordinator Putra Gugus Latih Teknik dan dilanjutk dengan sambutan Kak Ahmad Fashiha selaku Pembina Putra Gugus Latih Teknik.

Setelah itu sambutan dari Mabi yang diwaliki oleh Kak Wirawan Sumbodo selaku WD III sekaligus membuka acara Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Latih Teknik 2021 serta penyematan tanda peserta. Selanjutnya pembacaan doa oleh Kak Arief. Dilanjutkan foto bersama dan pelepasan badge peserta Penerimaan Tamu Ambalan yang dipandu oleh Kak Erian. Selanjutnya peserta mengerjakan pretest selama 10 menit. Pada hari pertama terdapat penyampaian 2 pemateri, pemateri pertama yaitu Kak Pangestu dan Kak Siska Fadillah selaku Korodinator Gugus Latih Teknik 2021 dan Kak Hermione sebagai moderator. Penyampaian materi pertama tentang Pengenalan Ambalan dan Racana Wijaya Tunggawijaya (keorganisasian) selama 40 menit dilanjut sesi tanya jawab selama 10 menit. Dilanjutkan mengerjakan kuis selama 10 menit.

Pemateri, kedua yaitu Kak Indra Setiawan selaku Koordinator Gugus Latih Teknik 2019 dan Kak Lintang sebagai moderator. Penyampaian materi kedua tentang Adat Umum Pramuka Wijaya selama 40 menit dilanjut sesi tanya jawab selama 10 menit. Dilanjutkan mengerjakan kuis selama 10 menit. Setelah penyampaian pemateri kedua, dilanjutkan pemutaran video yel yel peserta Penerimaan Tamu Ambalan dan ice breaking berupa game yang dipandu oleh KakWahyu sekaligus mengakhiri sesi pagi pada hari pertama. Sesi malam pukul 19.30 WIB dibuka oleh MC. Dilanjutkan pemutaran lagu Hymne Pramuka dan sambutan oleh Kak Pangestu selaku Korodinator Gugus Latih Teknik. Selanjutnya pemutaran lagu Syukur dan dilanjutkan pembacaan doa oleh Kak Arief. Setelah itu diadakan pentas seni berupa penampilan dari sangga kerja sampai jam 20.45WIB

Pada hari kedua pukul 07.30 WIB dibuka oleh MC dan dilanjutkan penyampaian materi ketiga. Penyampaian materi ketiga oleh Sokhibah Khasanah selaku Pemangku Adat Gugus Latih Teknik 2019 dan Kak Rasyid sebagai moderator. Penyampaian materi ketiga tentang Berkemah selama 40 menit dilanjut sesi tanya jawab selama 10 menit. Dilanjutkan mengerjakan kuis selama 10 menit Pemateri, keempat yaitu Kak Egy Wijaya selaku Korodinator Gugus Latih Teknik 2020 dan Kak Putri sebagai moderator. Penyampaian materi keempat tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega selama 40 menit dilanjut sesi tanya jawab selama 10 menit. Dilanjutkan mengerjakan kuis selama 10 menit dan ice breaking. Setelah itu peserta mengerjakan posttest selama 10 menit.

Setelah semua materi tersampaikan, dilanjutkan upacara penutupan. Sambutan oleh Kak Pangestu selaku Koordinator Gugus Latih Teknik 2021 dan dilanjutkan sambutan oleh Kak Ahmad Fashiha selaku Pembina Putra Gugus lAtih Teknik sekaligus pelepasan tanda peserta dan menutup secara resmi acara Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Latih Teknik 2021. Dilanjutkan pembacaan doa oleh Kak Arief dan ditutup oleh MC. Setelah acara selesai, terdapat kegiatan evaluasi kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Latih Teknik 2021 melalui Gmeet pada 29 September 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here